Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 22 Januari 2012

Sebab Sebab Lag (Ngelek)'Nya Jaringan Internet Di Komputer / PC_Warnet


1. Lag (Ngeleck)
 
 Mungkin warnet yang Anda kelola sekarang ini sedang mengalami masalah seperti:
  • koneksi yang lambat atau lemot
  • Banyak aplikasi-aplikasi warnet yang rusak
  • Operating system yang mulai error
  • Game-game online yang “Lag” saat dimainkan, atau bahkan sudah tidak bisa dimainkan
  • Banyaknya virus pada komputer
Dampak yang akan timbul karena masalah di atas, yaitu:
  • Warnet menjadi sepi
  • Pendapatan warnet menurun drastis
Penyebab terjadinya masalah-masalah di atas adalah:
  • Hardware yang sudah tidak layak pakai
  • Kesalahan pemilihan hardware oleh owner/jasa pemasangan warnet
  • Installasi komputer yang asal-asalan
  • Management bandwidth yang salah atau malah tidak ada sama sekali
  • Tidak adanya maintenance pada warnet
2. Komputer Sering Restart Sendiri

Banyak yang mengeluhkan mengapa komputer saya sering restart sendiri atau sebelum masuk windows (saat booting), restart mendadak, dan sering atau terus-menerus restart tanpa tahu apa penyebabnya. Atau mungkin saat kita lagi asyik main games. Untuk mengatasi masalah sering restart pada komputer PC atau Laptop banyak hal yang harus diperhatikan, tentunya anda sendiri yang lebih mengerti tentang spesifikasi PC atau laptop yang anda miliki.
Perlu penalaran yang lebih panjang untuk mengetahui penyebab komputer anda sering restart sendiri, namun saya memiliki beberapa tips solusi dan jawaban untuk mengatasi restart yang terjadi pada komputer anda.
Berikut ini beberapa hal mendasar yang harus anda ketahui sebagai penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart sendiri / Hal – hal yang paling sering menjadi penyebab komputer restart :
  • Kelistrikan : listrik adalah hal utama yang harus anda periksa, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik anda. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik anda, colokkan avo meter pada listrik dinding anda, apakah sudah mencapai 220 V , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160 – 190 V ( naik turun ),  saya jamin komputer anda akan restart terus menerus, dalam hal ini sebagai solusi maka anda harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. Jika perlu suruh orang PLN untuk membetulkan listrik rumah anda dan marahi sekalian. [ Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory ]
  • Power Supply : Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik – turun dan tersendat – sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer anda akan restart. Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip – kedip segeralah ganti power supply anda.
Jika anda merasa Kelistrikan bukan yang menjadi alasan komputer anda restart maka perhatikan berikut ini :
Restart saat Booting Windows.
Jika resrat saat booting windows, hal ini lebih disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang anda pakai kurang besar / rusak. Solusi : Jika rusak windows maka anda harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.
Restart saat Menjalankan Program / Main Games ( Low / Bad Memory )
Saat anda menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer anda maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. Misalkan anda main games yang besar dan anda menjalankan Multi Tasking misalna main games dan membuka program – program yang lainnya yang menyebabkan memory anda bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer anda lumayan banyak dan terkadanf komputer anda akan menjadi berat. Solusi tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan restart.
CPU / Processor Panas
CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer resrat, cek suhu CPU anda pada sistem BIOS, suhu normal berkisar antara 45º – 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, kalo perlu ganti yang bagus, jangan yang bertuliskan Made in China atau yang harganya 30 rb-an.
Program Crash / Virus-Malware
Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang anda install dengan spesifikasi komputer anda, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari, Solusi , Ganti komputer lama anda dengan komputer yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.
Hal – hal diatas ialah penyebab yang paling sering membuat komputer anda restart, saya sarankan memeriksa dan mecoba langkah – langkah diatas, semoga saja tulisan ini menyelesaikan masalah anda.

3. Tips Bagi Anda Yang Pengen Buka Warnet  


Bagi Gun Gun Yang Kepengen Buka Warnet Baca Dulu Artikel Dibawah Ini Biar Nanti Disaat Buka Biar Ga' Sepi... :
Berikut faktor-faktor yang saya maksud :
1. Apakah anda sanggup dan tahu ?
Apakah anda sanggup menjadi owner warnet? kalau anda tidak mengerti dengan komputer dan internet , kasarnya cara shutdown komputer aja gak tau tapi pingin buka warnet? saya analogikan kalau seorang yang gak tau apa-apa dengan mesin motor tapi pingin buka bengkel, apa jadinya ?
Lain kasus jika anda tidak mengerti dengan komputer, tapi rencanannya nanti menunjuk seorangan yang faham segala sesuatu tentang komputer untuk membantu anda menghandle warnet, pilihan ini jauh lebih bagus. Lebih bagus lagi kamu setidaknya mengerti sedikit dengan komputer dan internet. Faktor ini yang paling fundamental, ketika berencana membuka sebuah warnet, sebaiknya anda pikirkan matang-matang.
2. Budget/dana
Faktor ini cukup penting, mengingat pentingnya sokongan dana untuk membuat sebuah warnet. Bingung dengan berapa dana yang anda butuhkan ?
jabarkan semua budget untuk keperluan dibawah ini:
- pembelian komputer & alat2 pendukung (modem,ups , stabilizer,dll)
- dana untuk box warnet , meja, kelengkapan warnet
- dana pemasangan internet ( speedy, atau isp lain )
- dana sewa bangunan/ruko
ketika anda sudah menghitung, semua apakah budget anda cukup ?
saran saya, anda boleh ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk hal yang lain, tapi jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk kenyamanan user anda nanti, misal untuk komputer dan koneksi internet anda. Trust me, ketika kamu menurunkan kualitas semua pc/koneksi karena dana, warnet kamu ga akan tahan lama. Mending kurangi jumlah pc, dari pada menurunkan kualitas spesifikasi pc warnet/game kamu.
3. Komputer yang cocok untuk warnet anda
Faktor lain yang tak kalah penting adalah memilih komputer untuk warnet anda nanti. Komputer untuk browsing dan game center, jelas berbeda.
* Jika anda ingin membuka warnet saja, komputer dengan pentium 4 dan ram 1gb, vga onboard, sepertinya sudah cukup. Saya sarankan untuk minimal ram 1gb, ram 512 untuk semua program sekarang rasanya terlalu pas-pasan, user kadang bete kalau pc loading cukup lama.
* Untuk pc game center, saya sarankan untuk menggunakan ram 2gb, dengan vga . Spek ini merupakan yang paling minim untuk sebuah game center, jika ingin user nyaman ketika bermain game, sepengalaman user game di tempat saya, rata2 membuka lebih dari 1 client game ketika bermain.
* yang paling penting lagi adalah pemilihan power supply, pengalaman saya jika menggunakan power supply bawaan casing ( power supply abal-abal aka power supply murahan), akan sering sekali jebol . apalagi ketika kita dapat pada jalur listik pln dengan tegangan tidak stabil. Saya lebih memilih power supply yang bagus ( merk acbelt / power muscle) , harga lebih mahal tapi tahan lebih lama dan juga tahan dengan kondisi tegangan yang tidak stabil, jika memakai power supply biasa pc akan restart ketika tegangan tidak stabil, tapi 2 psu ini akan sanggup menahannya. Kalau sering pc restart sendiri karena tegangan, efeknya ke windows ( sering crash) dan ke hard disk kamu.
*Opsi lain kalau tidak ingin membeli power supply yang bagus dan anda berada dijalur tegangan pln yang tidak stabil adalah dengan menggunakan stabilizer motor untuk masing-masing pc kamu ( bukan stabilizer abal abal )
4. Koneksi/isp untuk warnet kamu
Ketika pc kamu sudah siap, sekarang saatnya memikirkan koneksi/isp untuk warnet kamu. Sebelum memilih beberapa besar koneksi untuk warnet kamu,  bandingkan dulu dengan jumlah pc untuk  warnet kamu.
- jumlah pc 10-20 : koneksi 2Mbps speedy sudah cukup , untuk diatas 15 pc disarankan dengan menggunakan proxy .
- jumlah pc 20-30 : koneksi 3Mbps speedy sudah cukup, ditambah dengan proxy .
- diatas 30 pc, bisa memakai 2 koneksi gabungan diatas .
untuk isp , speedy masih cukup bisa diandalkan karena memang cuma satu-satunya di kota saya ( kota kecil ) , jika kamu ada dikota lain, bisa bandingkan dengan isp lain dan jika ada yang lebih bagus silakan pakai. Untuk game center yang lebih dari 20 pc, saya sarankan untuk menggunakan isp dengan koneksi dalam negri ( IIX ) yang bagus , semacam isp lintasarta.
5. manajemen bandwith internet
Manajemen bandwith sangat penting untuk saat ini, dengan manajemen bandwith kita bisa membatasi koneksi untuk setiap pc, membatasi download, upload , bisa membagi koneksi untuk game dan browsing . Apa jadinya jika koneksi warnet kamu langsung loss modem, jika ada 1 user download dengan idm, koneksi warnet kamu langsung super lemot dan user-user lain mulai berteriak .. mas.. kok lag yahhh..
Manajemen bandwith kamu dengan mikrotik, dengan miktorik semua bisa diatur dengan mudah. Koneksi internet kamu dijamin akan selalu stabil, biarpun ada yang download . Saya menggunakan jasa orang lain untuk mensetting mikrotik ini,   langsung dengan orangnya disini (www.jasasetting.com) . Settingnnya perfect dan bisa diremote dari jauh, jangan takut buat yang tinggal di luar kota. Penggunaan tambahan proxy ubuntu akan lebih baik, membuat koneksi internet kamu jauh lebih cepat.
6. Listrik
Faktor terakhir yang akan saya bahas , akan tetapi juga amat sangat penting dan saya sempat kecolongan dengan hal ini, yaitu listrik. Seberapa besar daya yang anda butuhkan untuk warnet kamu ? berikut akan saya jelaskan sesuai dengan pengalaman saya.
gambaran konsumsi 1 pc + 1 lcd  = 110-120 watt
- untuk warnet dengan 10 pc : listrik dengan daya 2200 sudah cukup, plus kulkas tapi tidak dengan AC.
- untuk warnet dengan 20 pc : listrik dengan daya 3300 watt cukup, kulkas tapi non AC.
saran saya, sebelum penginstalan jaringan listrik kewarnet kamu cari orang pln/petugas pln untuk mengecek tegangan listrik ke warnet kamu sudah pas/stabil atau belum. Pengalaman saya, ternyata selama 2 tahun menggunakan jalur/line listrik dari tiang dengan daya dibawah 190volt. Setelah di ganti jalur dari tiang, cari tegangan diatas 220 volt, akhirnya listrik stabil sampai dengan sekarang.
demikian ke 6 faktor yang penting untuk anda cermati sebelum membuka sebuah usaha warnet/game center.
semoga berguna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar