Cari Blog Ini

Jumat, 29 Juli 2011

Blues Guitar Lesson dan Sejarah Lahirnya Blues



By:


1.Two Slow Blues Ending Licks
2. Improve Your Phrasing - Box 2
3. Hendrix Chord Tricks
4. Jimi Hendrix Style Chords
5. Two Slow Blues Ending Licks
6. Jimi Hendrix Blues Guitar Lesson - Voodoo Chile Style
7. Guitar Lesson: Stevie Ray Vaughan Style Lick

BLUES dan SEJARAHnya

ASAL-MUASAL

Abad ke-19. Di ruang gelap dan pengap, di tempat penampungan para budak. Terdengar nyanyian yang penuh rintihan dari perasaan terkurung, yang memenuhi suasana tanah pertanian Amerika yang dingin, sombong dan membosankan. Tradisi oral (bernyanyi tanpa musik) dari budak asal Afrika tersebut, lambat laun mengalami akulturisasi dengan musik tradisional Eropa, dan melahirkan sebuah aliran musik baru, bernama BLUES.

Nama blues lahir dari istilah blue yang selalu dikonotasikan dengan perasaan depresi dan melankoli. Akhir abad ke-19, musik blues mulai mendominasi daerah pinggiran di bagian selatan Amerika. Baru pada tahun 1910, istilah blues resmi dipakai.

Permainan gitar pada musik blues, populer pada abad ke-20. Sebelumnya para musisi blues sering memakai banjo selama bertahun tahun, dan musik blues pun terus berkembang. Bahkan di setiap daerah Amerika, melahirkan warna musik blues yang berbeda seperti Chicago Blues (Muddy Waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr), East Cost Blues (John Jackson) dan Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl).

Modern electric blues adalah subgenre blues yang paling populer hingga saat ini. Dari genre tersebut, lahir puluhan tokoh musik blues seperti B.B. King, Buddy Guy, John Lee Hocker, Jhony Winter, Koko Taylor, Robert Cray, Taj Mahal, Dave Hole, Tinsley Ellis Freddie King, Stevie Ray Vaughan dan Kenny Wayne Shepherd.

Modern electeric blues muncul pada awal dekade 60-an, saat pamor musik blues menurun dan perusahaan rekaman besar AS enggan mengontrak mereka. Band-band blues dari Inggris kemudian mengisi kekosongan itu. Para musisi Inggris seperti Eric Clapton, The rolling Stones, John Mayal dan Bluesbreaker akhirnya memberi suasana baru bagi para musisi blues Amerika. Invasi British Blues ini memicu musisi asal Amerika untuk menawarkan warna baru musik blues.

Musik blues adalah musik yang REAL, tentang manusia dan segala persoalannya yang nyata. Benar-benar nyata dan kasar, mereka juga memainkan apa yang ingin mereka mainkan tanpa perlu banyak persiapan dan tidak dibuat-buat. Mungkin itulah satu alasan yang membuat seorang Johnny Winter sangat tergila-gila pada blues.

Gitaris Jimi Hendrix juga termasuk tokoh musik blues yang banyak mempengaruhi musisi lain. Sebenarnya musik Jimi lebih mengarah ke aliran hard rock, lewat lagu - lagu seperti purple haze, foxy lady, dan crosstown traffic. Tetapi Jimi juga terkenal lewat nomor blues seperti red house dan voodoo child.

Dengan teknik permainan gitarnya yang aneh, Jimi menjadi pionir dalam musik blues yang didominasi electric sound yang sangat impresif, yang kemudian menarik perhatian gitaris lainya untuk lebih mengeksplorasi sound.

Setelah era kemunculan Jimi Hendrix, banyak bermunculan musisi blues rock seperti mendiang Stevie Ray Vaughan, Tinsley Ellis, Taj Mahal dan dari generasi muda ada Kenny Wayne Shepherd.

musisi BLUES yang terkenal

*
W. C. Handy (1873-1958), "Bapak Blues"
*
Bessie Smith (1894-1937)
*
Memphis Minnie (1897-1973)
*
Alberto CaƱizares (lahir tahun 1979)
*
Louis Armstrong, (1901-1971)
*
Miquelo Ortiz (lahir tahun 1977)
*
Louis Jordan (1908-1975)
*
Daniel Ibarra (lahir tahun 1979)
*
Robert Johnson (1909/1912-1938)
*
B. B. King (lahir tahun 1925)
*
Ray Charles, (1930-2004)
*
Jimi Hendrix (27 November 1942 – 18 September 1970)
*
Eric Clapton, (lahir tahun 1945)


JENIS MUSIK BLUES

Delta Blues
Blues tipe ini adalah salah satu style paling awal dari blues. delta blues lahir dari Mississipi delta. alat musik yang di pakai adalah gitar, dan harmonica. karakteristik vokal beragam dari introspektif, soulful, passionate dan berapi-api. delta blues terekam pertama kali sekitar akhir 1920an. kebanyakan recording awal delta blues hanya terdiri dari penyanyi yang nyanyi dan maen instrumen. Artis2 Delta blues style termasuk: Charley Patton, Eddie J. "Son" House, Robert Johnson, and Muddy Waters.

Chicago Blues
Chicago blues adalah bentuk blues yang di bentuk di Chicago dengan merupakan penggabungan antara gitar/harmonika delta blues dengan unsur elektrik, drum, piano, bass, dan kadang saxophone. musisi delta blues membawa musiknya dari utara ke daerah Chicago. Muddy Waters adalah salah satu musisi yang menggunakan gitar elektrik untuk memainkan delta bluesnya.
Artis Chicago blues termasuk: Muddy Waters, Willie Dixon and Howlin' Wolf.

Texas Blues
Texas blues mulai muncul di awal 1900an oleh African American yang bekerja di oilfields, ranches and lumber camps. Pada tahun 1920an, Blind Lemon Jefferson mengubah style dengan menggunakan improvisasi yang mirip jazz dan melodi pada gitar. style dari Jefferson mempengaruhi musisi2 seperti Lightnin' Hopkins and T-Bone Walker. selama masa depresi di tahun 1930an, banyak bluesmen yang berpindah kota ke Galveston, Houston and Dallas. dari kota2 ini lah banyak bermunculan musisi popular seperti slide guitarist dan penyanyi gospel Blind Willie Johnson dan vokalis legenda Big Mama Thornton. Duke Records dan Peacock Records adalah perusahaan rekaman terpenting pada waktu itu. Di tahun 1960an, industri rekaman pindah ke utara, mengurangi kepentingan Texas dalam dunia blues. Texas kembali menjadi daerah penting blues di tahun 1970an ketika Texas blues rock sound terbentuk oleh ZZ Top dan the Fabulous Thunderbirds. awal inilah yang menjadi revival yang menjadikan Austin sebagai ibukota blues. salah satu orang terpenting dalam revival ini adalah Stevie Ray Vaughan.

Blues Rock.
Blues-rock adalah salah satu genre blues yang merupakan kombinasi antara blues dengan rock & roll. style ini mulai terbentuk sekitar tahun 1960an melalui band2 seperti the Rolling Stones yang bereksperimen dengan musik bluesmen terdahulu seperti Elmore James, Howlin' Wolf, dan Muddy Waters.

Blues-rock dikarakteristik oleh improvisasi yang blues banget, jam yang berfokus pada pemain gitar elektrik, dan lagu2 yang mempunyai sound yang lebih riff-oriented. genre ini awalnya di mulai oleh orang2 Inggris (Alexis Korner & John Mayall). Jimi Hendrix juga mempunyai pengaruh yang luas dan awet terhadap pembentukan blues-rock melalui trionya Jimi Hendrix Experience dan Band of Gypsys.

Musisi blues-rock yang paling terkenal pada pertengahan 1960an mungkin adalah Eric Clapton dengan bandnya the Yardbirds, dan Cream. selain itu ada juga Derek and The Dominos pada awal 1970an. pada akhir 1960an, Jeff Beck, member dari the Yardbirds, mengubah blues rock menjadi suatu heavy rock dengan bandnya the Jeff Beck group dengan rod stewart dalam vokal dan ronnie wood pada bass. dari tahun 1970an, blues rock amerika mulai tumbuh dengan nama2 seperti Allman brothers band, SRV, Fabulous Thunderbirds, dan ZZ Top dan artis2 sekarang seperti Kenny wayne shepher, joe bonamassa, johny lang, dll.

Tipe blues lain:
- African blues
- British blues
- Detroit blues
- Kansas City blues
- Louisiana blues
- Memphis blues
- Piedmont blues
- St. Louis blues
- Swamp blues
- West Coast blues


W.C. Handy, dikenal sebagai bapaknya blues (Father of the Blues) meluncurkan "Memphis Blues" tahun 1912 menjadi komposisi pertama yang menampilkan blues dalam judulnya . Handy banyak menulis lagu klasik blues termasuk "Beale Street Blues" "Yellow Dog Blues" dan "St. Louis Blues" . Blues menghasilkan banyak secara komersial tahun 1920 ketika vokalis Mamie Smith merilis "The Crazy Blues" menjadi sangat sensasional . Dari Smith yang lain (tidak berhubungan) bisa disebutkan "Empress of the Blues" berdasar pada album pertamanya tahun 1923 yang menyumbang sejumlah masterpieces dari awal blues yang menyebabkan keranjingan .

Diakhir 1920-an dan 1930-an, Lonnie Johnson menjadi gitaris modern blues . Permainannya mempengaruhi gaya Delta Blues style dari Robert Johnson seperti T-Bone Walker Clarence "Gatemouth" Brown, dan B.B. King . Tambahan referensi hasil kerjanya dengan legenda seperti Louis Armstrong dan Duke Ellington sama baiknya juga album duetnya dengan gitaris Eddie Lang mempengaruhi gaya jazz gitaris termasuk Charlie Christian . Muncul selama tahun 1940an "jump blues" menggabungkan upbeat gaya piano boogie-woogie lirik yang cerdas, dan alat musik tiup yang menghentak berbeda dari era big band Artiss seperti saxophonis dan vocalis Louis Jordan melebarkan kependekatan popular dari blues . Penekana tambahan pada lead vokal . lompatan dari perkembangan blues seringkali juga masuk ke "rhythm and blues" (R&B) dari era 1950an yang terpengaruh gaya "rock and roll" dari Chuck Berry dan Bill Haley (Ingat Haley & his Comets) . Di 60an, dengan penambahan akar gospel R&B berkembang menjadi musik "soul" dengan grup grup termasuk James Brown dan Sly and the Family Stone .

Tahun 1950an dan 60an perkembangan populeritas dari Chicago Blues dengan artis termasuk Muddy Waters, Junior Wells, Buddy Guy, dan Willie Dixon . Gitaris seperti Jimi Hendrix dan Eric Clapton mencampurkan gaya blues dengan musik rock 1960an mempengaruhi generasi mendatang dari artis pop dan blues . Artis blues yang sangat penting di era 80an dan 90an termasuk Stevie Ray Vaughn, Robert Cray, Lucky Peterson, Robben Ford, Dr. John, Mighty Mo Rodgers, dan Joe Louis Walker.


SEKIAN gan..
BY: Endro Funkchop Comunity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar