Cari Blog Ini

Kamis, 26 Januari 2012

Pelajaran Lanjutan CoreL Draw X_5

Pelajaran Ke Dua :
2. Merancang untuk Akurasi
Tip ini telah ditulis untuk CorelDRAW ® Graphics Suite X5. Sementara fitur serupa mungkin tidak tersedia dalam rilis sebelumnya tutorial akan sepenuhnya berlaku untuk CorelDRAW Graphics Suite X5 saja.
Apa yang Anda akan belajar
Dalam tutorial ini Anda akan belajar bagaimana menggunakan
• Dimensi baris
• Dimensi Segmen garis
• Panggilan-out
• Konektor baris

CorelDRAW memiliki kekuatan dan fleksibilitas untuk memungkinkan Anda untuk membuat bahkan yang paling rinci gambar atau desain dengan mudah dan akurasi. Dari lurus ke depan panggilan-out pada baris dimensi yang menawarkan akurasi sepuluh tempat desimal.

Bekerja dengan Garis Dimensi
CorelDRAW memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan berbagai jenis dimensioning garis dan panggilan-out. Dengan menggunakan garis dimensi, Anda dapat menunjukkan jarak antara dua titik dalam sebuah gambar atau ukuran obyek. Secara default, garis dimensi dan pengukuran ditampilkan pada garis berubah ketika Anda mengubah ukuran objek. Hal ini disebut sebagai dimensi dinamis dan dapat sangat berguna jika Anda perlu untuk mengubah ukuran suatu objek atau kelompok objek dan ingin menghindari keharusan untuk menciptakan garis dimensi.
Ada alat dimensi empat garis, sejajar vertikal / horisontal, sudut dan segmen. Alat dimensi paralel memungkinkan Anda untuk menggambar garis dimensi di setiap sudut. Untuk menggambar garis dimensi paralel, klik tool dimensi paralel dalam kotak peralatan. Untuk menggambar garis dimensi vertikal atau horisontal, buka Dimensi alat flyout dengan mengklik panah di sudut kanan bawah tombol alat dimensi Paralel di toolbox, dan klik tombol alat dimensi Horizontal atau Vertikal.
• Klik untuk tempat titik awal, dan tarik ke mana Anda ingin menempatkan titik akhir dari garis dimensi.
• Pindahkan pointer ke posisi garis dimensi, dan klik untuk menempatkan teks dimensi.
Secara default, teks dimensi berpusat pada garis dimensi, namun hal ini dapat diubah dalam property bar interaktif.
Untuk menggambar garis dimensi vertikal atau horisontal, buka Dimensi alat flyout dengan mengklik panah di sudut kanan bawah tombol alat dimensi Paralel di toolbox, dan klik tombol Horizontal / Vertikal dimensi alat.
• Klik untuk tempat titik awal, dan tarik ke mana Anda ingin menempatkan titik akhir dari garis dimensi.
• Pindahkan pointer ke posisi garis dimensi, dan klik untuk menempatkan teks dimensi.
Untuk menggambar garis dimensi sudut, klik tanda panah di sudut kanan bawah tombol alat dimensi paralel untuk membuka Dimensi alat flyout, dan klik alat dimensi sudut.
• Klik di mana Anda ingin dua baris yang mengukur sudut untuk memotong, dan tarik ke mana Anda ingin baris pertama sampai akhir.
• Klik di mana Anda ingin baris kedua berakhir.
• Klik di mana Anda ingin label sudut muncul.



Membuat garis Segmen Dimensi
Untuk menggambar garis dimensi segmen, di toolbox, klik tanda panah di sudut kanan bawah tombol alat dimensi paralel untuk membuka Dimensi alat flyout, dan klik alat dimensi Segmen.
• Klik segmen yang Anda ingin mengukur.
• Pindahkan pointer ke mana Anda ingin posisi garis dimensi, dan klik di mana Anda ingin menempatkan teks dimensi.
Dengan alat dimensi Segmen, Anda juga memiliki kemampuan untuk mengukur jarak antara dua node yang paling jauh dalam beberapa segmen. Menggunakan alat dimensi Segmen, tenda pilih segmen, tarik ke posisi garis dimensi, dan klik di mana Anda ingin menempatkan teks dimensi. Anda juga dapat mengukur segmen berturut-turut otomatis dengan mengklik tombol Otomatis dimensi berurutan pada property bar, dan tenda pilih segmen yang Anda ingin mengukur. Tarik ke lokasi di mana Anda ingin menempatkan teks dimensi dan rilis.



Seperti yang telah kita disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengatur bagaimana garis dimensi yang ditampilkan. Sebagai contoh, Anda dapat menentukan unit dimensi, gaya, dan presisi serta menambahkan awalan atau akhiran pada teks dimensi. Anda juga dapat mengatur nilai default untuk semua baris dimensi baru yang Anda buat.
Kami juga menyatakan bahwa secara default, teks dimensi dinamis. Jika Anda mengubah ukuran objek yang garis dimensi terpasang, teks dimensi diperbarui secara otomatis untuk menampilkan ukuran baru. Properti ini diatur dari property bar interaktif yang dapat diakses ketika Anda memiliki salah satu alat dimensioning dipilih.
Untuk dapat menggunakan konektor, callout, dan garis dimensi dengan presisi, Anda perlu untuk mengambil mereka untuk node tertentu dalam objek. Untuk informasi lebih lanjut tentang patah dan patah mode, lihat "benda Snapping" di file help CorelDRAW


Membuat Panggilan-out
Panggilan-out dapat dengan mudah dibuat untuk mengidentifikasi bagian-bagian gambar atau untuk menarik perhatian ke bagian tertentu dari desain.
Pada toolbox, klik tanda panah di sudut kanan bawah tombol alat dimensi paralel untuk membuka Dimensi alat flyout, dan klik Point 3-callout alat.
• Klik di mana Anda ingin callout segmen pertama untuk memulai, dan tarik ke mana Anda ingin segmen pertama sampai akhir.
• Klik di mana Anda ingin segmen kedua berakhir. Sebuah kursor teks ditampilkan di akhir baris callout, menunjukkan di mana untuk mengetik label untuk objek.
• Ketik teks callout.
Anda juga dapat mengubah gaya dan callout jarak antara garis pemimpin dan callout teks. Hal ini dilakukan dari property bar interaktif.


Konektor Baris
Anda dapat menarik garis penghubung antara objek. Objek tetap terhubung oleh garis-garis bahkan ketika Anda memindahkan satu atau kedua objek. Garis konektor, yang juga dikenal sebagai "jalur aliran", digunakan dalam gambar teknis seperti diagram, diagram alur, dan skema. Untuk informasi tentang menggambar bentuk flowchart, lihat "bentuk standar Menggambar" di file help CorelDRAW.
Ada tiga jenis jalur konektor yang Anda dapat menggambar. Anda dapat menarik garis lurus konektor. Anda juga dapat menggambar garis sudut kanan konektor dengan sudut yang tajam atau sudut membulat. Anda dapat mengedit garis konektor dengan bergerak, menambahkan, atau menghapus segmen.
Menggunakan kontrol pada property bar, Anda dapat memodifikasi lebar dan gaya garis konektor serta berlaku panah. Anda juga dapat mengubah warna garis konektor. Untuk informasi lebih lanjut tentang garis Format dan menguraikan, lihat "Memformat baris dan menguraikan" di file help CorelDRAW.
Dengan alat baru yang telah ditambahkan adalah mudah untuk melihat seberapa akurat Anda dapat membuat desain Anda dan untuk menyampaikan informasi ini kepada pemirsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar