Cari Blog Ini

Kamis, 24 Mei 2012

Setting Memory Card Eror

CARA MEMPERBAIKI MMC

Cara Memperbaiki MMC :Meski kartu memory memiliki banyak keunggulan,bukan berarti keberadaannya tanpa kekurangan. MMC,RS-MMC, Mini SD dan kartu memory lainnya tergolong barang elektronik yang rentan dan mudah rusak.Baik akibat listrik,cuaca atau tekanan fisik.

Tingkat kerusakan kartu memory cukup berfariasi.Ada yang kadang-kadang tak terbaca oleh ponsel,kapasitasnya berbeda dengan yang tertera,hingga yang sama sekali tidak dapat digunakan.

Kali ini saya coba ulas beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki kartu memory yang rusak.Meski tak 100% menjamin MMC anda akan kembali seperti semula,namun tak ada salahnya mencoba bukan ?

Cara Memperbaiki MMC Kartu Memory Yang Rusak :7TOOLS PARTITION MANAGER

Software berukuran sekitar 5MB ini dianggap salah satu software paling ampuh untuk memperbaiki memory yang korupt.Anda dapat mendownloadnya di sini..


Langkah-langkah untuk memperbaiki MMC rusak dengan 7tools adalah sebagai berikut :

1.Pilih MMC Drive

2.Jika partisi MMC anda korup,anda akan melihat beberapa pesan invalid berwarna merah di jendela bagian kiri.

3.Klik kanan pada tanda tersebut,kemudian pilih ‘delete’

4.Lakukkan satu persatu pada setiap tanda invalid

5.Jika telah selesai,klik kanan MMC kemudian pilih ‘Create primary partition’.

6.Pilih partisi FAT16.
Jika MMC anda masih belum terbaca di ponsel,ikuti langkah berikut ini :

1.Masukkan MMC anda ke dalam Card reader,kemudian aktifkan 7tools kembali.


2.Pilih MMC drive

3.Di bagian kanan anda akan melihat kolom yang aktif (mungkin saat itu pesan yang terlihat adalah No atau tidak aktif).Klik dan ubahlah pesan tersebut menjadi ‘YES’

4.Klik tombol ‘Apply’

5.Masukkan kembali MMC ke dalam ponsel anda kemudian format dengan menggunakan ponsel anda.Misal pada N-Gage,anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu tools > memory > option > format memcard.

Mungkin anda akan melihat bahwa kapasitas MMC akan berkurang dari kapasitas semula.Namun,cara ini dapat menghemat uang anda sehingga tak perlu membeli MMC baru.
Cara Memperbaiki MMC Kartu Memory Yang Rusak : MMC MEDIC


MMC Medic berukuran sangat kecil,hanya sekitar 34 Kb.Aplikasi gratis ini bisa anda ambil di link ini..Meski kecil,khasiat dari aplikasi ini bisa dirasakan oleh anda yang memiliki masalah dengan MMC.

Software ini bersifat standalone,hanya memiliki satu file dan untuk menggunakannya tak perlu melakukan proses instalasi.MMC Medic dapat memformat kartu memory yang korup (Baik MMC,SD atau jenis kartu memory lain) ke dalam partisi FAT16.

Setelah selesai,kartu memory tersebut akan kembali terbaca oleh ponsel.

Kapasitas kartu memory yang dapat diperbaiki oleh software ini bervariasi antara 16 MB hingga 1 GB.Dengan grafis antar muka yang mudah dimengerti,MMC Medic juga mengurangi resiko salah format Hard Disk atau Drive lainnya.

Ada tiga langkah utama yang terdapat pada MMC Medic.

Pertama adalah memilih kapasitas MMC yang hendak diformat.Kedua adalah memilih lokasi MMC.Yang ketiga,setelah memasukkan nama kartu memory anda,klik tombol ‘Format MMC’.

Agar optimal,jika telah selesai memformat kartu memory dengan MMC medic,sebaiknya anda melakukan Reformat dengan ponsel anda.
Cara Memperbaiki MMC Kartu Memory Yang Rusak : N-TOOLS N-GAGE UTILITIES VO.75


N-tools sebenarnya adalah aplikasi untuk mengembalikan ‘Image’ MMC pada ponsel N-Gage.Image adalah gambaran dari struktur sebuah Drive seperti MMC atau Hard Disk yang menggambarkan peletakkan file termasuk pembagian foldernya.

Untuk mendapatkan file image tersebut,anda dapat mendownloadnya melalui link ini.Di bagian download jika anda ingin menamakan kembali file MMC yang telah terformat,anda dapat memulainya dengan membuka RAW Writer dan memilih file image yang dikehendaki untuk ‘ditanam’ di MMC N-Gage.
Cara Memperbaiki MMC Kartu Memory Yang Rusak : MULTI CARD FORMATTER

Multi Card Formatter adalah aplikasi yang paling sederhana di antara aplikasi MMC formatter lainnya.Ukurannya cuma 3 Kb,gratis dan dapat didownload di sini.

Software ini sebenarnya sebuah Batch atau urutan perintah yang diaplikasikan pada komputer berbasis windows.Batch tersebut akan mengotomatiskan proses format kartu memory via card reader atau salah format.

Fungsi dari Batch ini adalah mengembalikan kartu mempry yang salah format ke FAT32/NTFS ke dalam format FAT15.Selain itu multi card juga dapat memperbaiki ukuran cluster kartu memory.

Tampilannya hanya berupa layar DOS dengan enam buah pilihan perintah.Anda hanya diminta untuk memasukkan kapasitas kartu memory,setelah itu multi card akan bekerja secara otomatis.Kapasitas memory yang didukung mulai 16 MB,32 MB,64MB,128 MB,256 MB dan 512 MB.Sayang,belum ada pilihan untuk memory dengan kapasitas 1 GB atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar